Monday, January 4, 2016

Perbedaan Generasi

Kali ini saya akan membahas tentang perbedaan generasi-generasi yang dulu dan yang sekarang, banyak sekali kita menemukan sifat individualisme yang tinggi pada anak-anak kecil sekarang ini. Apa sih penyebabnya? Ya penyebabnya adalah "Gadget". Apa sih gadget itu? Secara estimologi, gadget adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Tetapi dari penjelasan diatas akan membuat kita lebih bertanya, “Apa perbedaan gadget dengan perangkat elektronik lainnya?”. Yang paling mencolok dari perbedaan tersebut adalah unsur “pembaharuan”. Simple-nya. gadget adalah alat elektronik yang memiliki pembaharuan dari hari ke hari sehingga membuat hidup manusia lebih praktis.

Dulu sebelum adanya gadget, anak-anak bermain dengan teman sebayanya di luar rumah. Seperti foto-foto berikut ini.




Namun yang terjadi setelah adanya gadget seperti ini.



Kurangnya sosialisasi terhadap lingkungan yang akan berdampak buruk kepada anak-anak seperti contohnya:
  1. Memiliki sikap individualisme yang tinggi
  2. Kurangnya percaya diri terhadap lingkungan
  3. Kurangnya kepekaan terhadap situasi sekitar
  4. Menurunnya moral anak
  5. Hilangnya kesadaran untuk saling berbagi
  6. dsb...
Banyak sekali orang tua yang tidak perduli akan perkembangan sosial anaknya, yang justru memperkenalkan dunia gadget kepada anak-anaknya. Mereka para orang tua sering sekali menganggap bahwa gadget adalah mainan terbaik bagi si buah hati, namun banyaknya unsur-unsur negative dari pihak luar atau internet adalah hal terburuk yang dapat mempengaruhi anak-anak. Contohnya seperti: Narkoba, pornografi, perkataan kasar, tindakan kriminal, dll. Hal-hal tersebut harusnya merupakan edukasi yang diberikan orang tua terhadap anak dan dapat meminimalisir adanya sifat-sifat jahat yang tertanam di dalam pikiran si buah hati.

Memperkenalkan teknologi adalah hal yang baik, namun seharusnya dalam bimbingan dan tidak melulu selalu elektronik. Banyak sekali cara mengganti permainan elektronik kepada permainan tradisional yang lebih menguatkan rasa persahabatan dan tenggang rasa kepada anak-anak anda.


Mari bangun generasi anak anda jauh lebih baik, serta tumbuhkan rasa kekeluargaan, persahabatan, cinta, kasih, dan tenggang rasa terhadap sesama demi dunia yang lebih damai.

No comments:

Post a Comment