Wednesday, January 6, 2016

Eksploitasi Flora dan Fauna di Indonesia

Kali ini saya akan membahas tentang "Eksploitasi Flora dan Fauna di Indonesia". Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita kenali apa itu eksploitasi? Eksploitasi (bahasa Inggris: exploitation) yang berarti politik pemanfaatan yang secara sewenang-wenang atau terlalu berlebihan terhadap sesuatu subyek eksploitasi hanya untuk kepentingan ekonomi semata-mata tanpa mempertimbangan rasa kepatutan, keadilan serta kompensasi kesejahteraan [source: Wikipedia].

Sesuai dengan judulnya, Indonesia ini banyak sekali memiliki kekayaan alam, mulai dari pemandangannya, flora maupun fauna. Seperti foto-foto dibawah ini.



Namun banyak sekali pihak-pihak yang merasa hal ini merupakan "keuntungan pribadi" yang akan menyebabkan kerugian bagi negara Indonesia. Seperti berita berikut.

Sebanyak 24 kakatua jambul kuning gagal diselundupkan ke Surabaya melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, setelah polisi dari Polres Pelabuhan Tanjungperak Surabaya mencurigai pelaku yang baru turun dari kapal KM Tidar jurusan Papua-Makassar-Surabaya-Jakarta, pada Senin (04/05/2015). 
Kasubbag Humas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya AKP Lily Djafar mengatakan, penangkapan pelaku penyelundupan kakatua ini setelah petugas kepolisian mendapati penumpang yang membawa 2 ekor burung yaitu kakatua jambul kuning dan bayan hijau, dengan dimasukkan ke dalam botol air mineral. Setelah diinterogasi dan dilakukan pencarian, akhirnya ditemukan 22 ekor lainnya di atas kapal dalam kondisi di masukkan dalam botol air mineral. 
“Waktu kami tangkap ada yang hidup dan ada yang setengah mati, mungkin karena perjalanan 5 hari dari Papua dan Maluku Utara dan burung-burung itu disekap dalam botol air mineral,” kata Lily kepada Mongabay-Indonesia.


Banyak sekali pihak-pihak yang tidak mengerti pentingnya menyelamatkan populasi flora dan fauna di Indonesia, banyak sekali dampak negatif dalam eksploitasi flora dan faunasebagai berikut:

  1. Hancurnya keseimbangan ekosistem
  2. Hilangnya species penting dalam ekosistem
  3. Punahnya flora dan fauna
Demikian dampak negativenya dan masih banyak lagi, mungkin saat ini kita belum merasakannya namun yang akan merasakan imbasnya adalah generasi-generasi berikutnya. Mari katakan "STOP EKSPLOITASI PADA FLORA DAN FAUNA INDONESIA" tetap lindungi kekayaan Indonesia yang merupakan aset bangsa.

No comments:

Post a Comment